You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Semangkung

Desa Semangkung

Kec. Pejawaran, Kab. Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah

Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Tradisi Ruwat Bumi

Mefendi 09 Oktober 2019 Dibaca 485 Kali
Tradisi Ruwat Bumi

 

Tradisi ruwat bumi yang dilakukan oleh warga di Desa Semangkung Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara kemarin (25/9) berlangsung meriah. Pada tradisi ruwat bumi tersebut terdapat berbagai kegiatan, diantaranya ziarah kubur bersama, kirab gunungan hasil pertanian, dan yang tidak kalah menarik adalah kirab 1000 obor serta pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Kegiatan-kegiatan tersebut pada dasarnya baru diadakan pada tahun ini kecuali wayang kulit yang sudah menjadi kegiatan rutinan tahunan.

Pada kegiatan tersebut pengunjung yang hadir tidak hanya dari warga sekitar, namun ada juga warga dari luar daerah. Warga sangat menikmati acara tersebut, terlihat ketika acara rebut gunungan tidak hanya warga lokal yang menikmati tetapi juga warga lain yang hadir dalam acara tersebut. Mereka masih meyakini bahwa berebut gunungan tersebut akan mendatangkan berkah. Hal inilah yang menjadi ajang silaturrahmi antar warga.

Kirab 1000 obor menjadi moment yang sangat ditunggu-tunggu oleh warga, terutama para remaja. Mereka menunggu acara ini untuk berselfie ria. Namun demikan, acara 1000 obor ini diadakan tentunya memiliki tujuan yang baik. Panitia mengatakan bahwa tujuan tersebut ialah untuk mengingatkan kepada sesama, bahwa meskipun manusia memegang api, maka gunakanlah api itu sebagai penerang bukan untuk membakar. Selain itu, masyarakat juga harus bangkit dari kegelapan atau keburukan ke arah yang lebih baik.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image